11 Tips Aman Belanja Online

Mari kita hadapi itu, ada banyak alasan di dunia untuk berbelanja online. Penawaran murah ada di sana. Pilihannya membingungkan. Belanja aman. Pengiriman cepat. Bahkan pengembaliannya pun cukup mudah, dengan e-tailers yang tepat. Belanja tidak pernah semudah atau lebih nyaman bagi konsumen.

Tapi bagaimana dengan orang jahat yang menunggu? Laporan eCrime Triwulan III IID untuk tahun 2011 menunjukkan bahwa penggunaan serangan phishing (di mana pencuri mencoba untuk menipu Anda dari kredensial masuk Anda dan bahkan info kartu kredit dengan berpura-pura menjadi situs web yang sebenarnya, atau bahkan bank online) sedang down, seperti Sebanyak delapan persen sejak kuartal kedua dan 11 persen sejak kuartal ketiga tahun lalu. Itu adalah berita bagus-kecuali laporan yang sama mengatakan situs dengan malware (kode berbahaya yang ditujukan untuk mengorbankan privasi Anda) telah meningkat sebesar 89 persen sejak kuartal kedua.

Holiday Gift Guide 2013 tenang tenang. Meski agak mengkhawatirkan, statistik ini seharusnya tidak menghalangi Anda berbelanja secara online. Anda hanya butuh akal sehat dan saran praktis. Ikuti panduan dasar ini dan Anda bisa berbelanja online dengan percaya diri. Berikut adalah 11 tip untuk tetap aman saat online, jadi Anda bisa mulai mengecek item pada daftar belanja liburan itu.

1. Gunakan Website yang Familiar
Mulailah di situs yang terpercaya daripada berbelanja dengan mesin pencari. Hasil pencarian dapat dicurangi untuk menyesatkan Anda, terutama saat Anda melayang melewati beberapa halaman pertama tautan. Jika Anda tahu situs ini, kemungkinannya kecil kemungkinannya untuk menjadi rip off. Kita semua tahu Amazon.com dan itu membawa segala sesuatu di bawah matahari; Demikian juga, hampir setiap gerai ritel utama memiliki toko online, mulai dari Target hingga Best Buy to Home Depot. Waspadalah terhadap salah eja atau situs yang menggunakan domain tingkat atas yang berbeda (.net dan bukan .com, misalnya) – ini adalah trik tertua dalam buku ini. Ya, penjualan di situs ini mungkin terlihat menarik, tapi begitulah cara mereka menipu Anda agar tidak memberikan info Anda.

2. Cari Kunci
Jangan sekali-kali membeli sesuatu secara online menggunakan kartu kredit Anda dari situs yang tidak memiliki enkripsi SSL (secure sockets layer) yang terinstal – paling tidak. Anda akan tahu apakah situs memiliki SSL karena URL situs akan dimulai dengan HTTPS: // (bukan hanya HTTP: //). Ikon gembok terkunci akan muncul, biasanya di bilah status di bagian bawah browser web Anda, atau tepat di samping URL di bilah alamat. Itu tergantung pada browser anda.

Jangan sekali-kali memberi kartu kredit kepada seseorang melalui email. Pernah.

3. Jangan Katakan Semua
Tidak ada toko belanja online yang membutuhkan nomor jaminan sosial atau hari ulang tahun Anda untuk berbisnis. Namun, jika penjahat mendapatkannya, ditambah dengan nomor kartu kredit Anda untuk pembelian, mereka bisa melakukan banyak kerusakan. Semakin mereka tahu, semakin mudah mencuri identitas Anda. Bila memungkinkan, default untuk memberikan sedikit informasi.

4. Periksa Laporan
Jangan menunggu tagihan Anda datang pada akhir bulan. Pergilah secara online selama musim liburan dan lihat laporan elektronik untuk kartu kredit, kartu debit, dan rekening giro Anda. Pastikan Anda tidak melihat ada tuduhan curang, bahkan berasal dari situs seperti PayPal. (Lagi pula, ada lebih dari satu cara untuk mendapatkan uang Anda.)

Jika Anda melihat sesuatu yang salah, angkat telepon untuk mengatasi masalah ini dengan cepat. Dalam kasus kartu kredit, bayar tagihannya hanya sekali Anda tahu semua tagihan Anda akurat. Anda memiliki waktu 30 hari untuk memberitahu bank atau penerbit kartu masalah; Setelah itu, Anda mungkin bertanggung jawab atas biaya tetap.

5. Inokulasi PC Anda
Penipu tidak hanya duduk-duduk menunggu Anda memberi mereka data; Terkadang mereka memberi sedikit tambahan untuk membantu keadaan. Anda perlu melindungi terhadap malware dengan update reguler untuk program anti-virus Anda. PCMag merekomendasikan Webroot SecureAnywhere Antivirus (4,5 bintang, Pilihan Editor ‘, $ 39,95 langsung), yang memiliki ekstra untuk membantu melawan pencurian ID, atau setidaknya Free Ad-Aware Free Internet Security 9.0 (4,5 bintang, Pilihan Editor).

6. Gunakan Kata Sandi yang Kuat
Kami ingin mengalahkan kuda yang mati ini untuk memastikan menggunakan kata kunci yang tidak dapat dipecahkan, tapi tidak pernah lebih penting daripada saat berbelanja online dan perbankan. Kiat kami untuk membuat sandi unik bisa berguna selama satu tahun ketika belanja di sekitar mungkin berarti membuat akun baru di semua jenis situs e-niaga.

7. Pikirkan Mobile
Federasi Ritel Nasional mengatakan bahwa 5,7 persen orang dewasa akan menggunakan perangkat mobile mereka untuk melakukan perbandingan belanja sebelum melakukan pembelian. (Dan 32,1 persen akan membandingkan toko online dengan komputer juga.) Tidak perlu khawatir lagi berbelanja di perangkat seluler daripada online. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi yang disediakan langsung oleh pengecer, seperti Amazon, Target, dll. Gunakan aplikasi untuk menemukan yang Anda inginkan dan kemudian melakukan pembelian secara langsung, tanpa pergi ke toko atau situs web. (Untuk informasi lebih lengkap, pastikan juga membaca tip kami untuk berbelanja dengan aman di perangkat seluler.)

8. Hindari Terminal Publik
Mudah-mudahan kita tidak perlu memberi tahu Anda bahwa ini adalah ide buruk untuk menggunakan komputer umum untuk melakukan pembelian, tapi tetap saja kita akan melakukannya. Jika Anda melakukannya, ingatlah untuk log out setiap kali Anda menggunakan terminal publik, bahkan jika Anda hanya mengecek email.

Bagaimana dengan menggunakan laptop Anda sendiri untuk berbelanja saat Anda bepergian? Ada satu hal untuk menyerahkan kartu kredit agar bisa digesek di kasir, tapi bila Anda harus memasukkan nomor dan tanggal kadaluwarsa di situs web sambil duduk di kafe umum, Anda memberi ceramah di atas bahu banyak waktu. Untuk melihat barangnya. Paling tidak, pikirkan seperti gangster: Duduklah di belakang, menghadap pintu.

9. Privatisasi Wi-Fi Anda
Jika Anda memutuskan untuk pergi keluar dengan laptop untuk berbelanja, Anda memerlukan koneksi Wi-Fi. Gunakan hanya nirkabel jika Anda mengakses Web melalui koneksi virtual private network (VPN). Jika Anda tidak mendapatkannya dari perusahaan Anda, Anda dapat menyiapkan yang gratis dengan AnchorFree Hotspot Shield, jika Anda bersedia memasang iklan, atau membayar $ 4,99 per bulan atau $ 44,99 setahun untuk melewati iklan. Bahkan ada versi aplikasi iOS dari Hotspot Shield, namun harganya akan $ 0,99 per bulan atau $ 9,99 setahun setelah tujuh hari pertama.

Omong-omong, sekarang bukan saat yang tepat untuk mencoba hotspot yang tidak Anda kenal. Tetap pada jaringan yang dikenal, bahkan jika mereka bebas, seperti yang ditemukan di toko Starbucks atau Barnes & Noble yang didukung oleh AT & T. Carilah jaringan bernama “attwifi,” lalu buka browser untuk klik ke “walled garden” untuk mendapatkan akses terakhir. Anda juga dapat menemukan Wi-Fi gratis di McDonalds, Panera Bread, dan lokasi Kantor FedEx, belum lagi perpustakaan dan kafe lokal.

10. Hitung Kartu
Kartu hadiah adalah hadiah liburan yang paling banyak diminta setiap tahun, dan tahun ini tidak akan terkecuali. Stick ke sumber ketika Anda membeli satu; Scammers suka melelang kartu hadiah di situs seperti eBay dengan sedikit atau tanpa dana pada mereka.

11. Tahu Apa yang Terlalu Bagus untuk Menjadi Benar
Sekali lagi, McAfee telah menyusun daftar Dua Belas Natal, semua hal yang harus diperhatikan saat berbelanja. Penawaran “kupon kupon” dari produk gratisan dengan pembelian, khususnya iPad (gadget yang sangat didambakan pada liburan apapun) atau bahkan tawaran pekerjaan liburan. Banyak dari “penawaran” ini akan masuk melalui media sosial. Hati-hati bahkan teman-teman Anda, yang mungkin dengan polos meneruskan hal seperti itu. Berhati-hatilah meskipun Anda mendapat pesan dari teman yang mengaku telah dirampok, terutama teman di luar negeri yang mencari uang untuk ditransfer, kecuali jika Anda benar-benar dapat mengonfirmasikannya dengan berbicara kepadanya atau dia secara pribadi. Skeptisisme dalam banyak kasus bisa pergi jauh untuk menyelamatkan Anda dari nomor kartu curian.

Speak Your Mind

*